Wednesday 10 December 2014

Shalat Istikharah untuk Menjemput Jodoh

Pada postingan saya sebelumnya tentang Shalat Tahajjud untuk Menjemput Jodoh dilanjutkan dengan Amalan dan Doa Menjemput Jodoh.

Semuanya tentang jodoh.
Selanjutnya saya mencoba untuk share kelanjutannya.

Saat ini, banyak sekali yang merasa bahwa teman laki-laki yang dekat dengan kita saat ini merupakan jodoh yang terbaik untuk kita. Banyak yang merasa galau dengan pilihannya atau yang sedang atau akan dijalaninya. Tapi itu semua kembali kepada Allah yang mengatur dan memberikan jodoh kita.

Yuk, lebih baik kita shalat istikharah. Insya Allah mungkin akan ada jawabannya.


"ูˆَุนَุณَู‰ ุฃَู†ْ ุชَูƒْุฑَู‡ُูˆุง ุดَูŠْุฆًุง ูˆَู‡ُูˆَ ุฎَูŠْุฑٌ ู„َูƒُู…ْ ูˆَุนَุณَู‰ ุฃَู†ْ ุชُุญِุจُّูˆุง ุดَูŠْุฆًุง ูˆَู‡ُูˆَ ุดَุฑٌّ ู„َูƒُู…ْ ูˆَุงู„ู„ู‡ُ ูŠَุนْู„َู…ُ ูˆَุฃَู†ْุชُู…ْ ู„ุงَ ุชَุนْู„َู…ُูˆู†َ

“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahui.” (Al-Baqarah: 216)


Apa itu shalat istikharah?

Shalat istikharah adalah shalat sunnah yang dikerjakan ketika seseorang hendak memohon petunjuk kepada Allah, untuk menentukan keputusan yang benar ketika dihadapkan kepada beberapa pilihan keputusan. Sebelum datangnya Islam, masyarakat jahiliyah melakukan istikharah (menentukan pilihan) dengan azlam (undian). Setelah Islam datang, Allah melarang cara semacam ini dan diganti dengan shalat istikharah.
Dalil disyariatkannya shalat istikharah

Apakah ada bukti dalil tentang istikharah?

Rasulullah SAW bersabda:

ุนَู†ْ ุฌَุงุจِุฑِ ุจْู†ِ ุนَุจْุฏِ ุงู„ู„َّู‡ِ ุฑَุถِูŠَ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู†ْู‡ُู…َุง، ู‚َุงู„َ: ูƒَุงู†َ ุฑَุณُูˆู„ُ ุงู„ู„َّู‡ِ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„ู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ูŠُุนَู„ِّู…ُู†َุง ุงู„ِุงุณْุชِุฎَุงุฑَุฉَ ูِูŠ ุงู„ุฃُู…ُูˆุฑِ ูƒُู„ِّู‡َุง، ูƒَู…َุง ูŠُุนَู„ِّู…ُู†َุง ุงู„ุณُّูˆุฑَุฉَ ู…ِู†َ ุงู„ู‚ُุฑْุขู†ِ، ูŠَู‚ُูˆู„ُ: " ุฅِุฐَุง ู‡َู…َّ ุฃَุญَุฏُูƒُู…ْ ุจِุงู„ุฃَู…ْุฑِ، ูَู„ْูŠَุฑْูƒَุนْ ุฑَูƒْุนَุชَูŠْู†ِ ู…ِู†ْ ุบَูŠْุฑِ ุงู„ูَุฑِูŠุถَุฉِ، ุซُู…َّ ู„ِูŠَู‚ُู„ْ: ุงู„ู„َّู‡ُู…َّ ุฅِู†ِّูŠ ุฃَุณْุชَุฎِูŠุฑُูƒَ ุจِุนِู„ْู…ِูƒَ ูˆَุฃَุณْุชَู‚ْุฏِุฑُูƒَ ุจِู‚ُุฏْุฑَุชِูƒَ، ูˆَุฃَุณْุฃَู„ُูƒَ ู…ِู†ْ ูَุถْู„ِูƒَ ุงู„ุนَุธِูŠู…ِ، ูَุฅِู†َّูƒَ ุชَู‚ْุฏِุฑُ ูˆَู„ุงَ ุฃَู‚ْุฏِุฑُ، ูˆَุชَุนْู„َู…ُ ูˆَู„ุงَ ุฃَุนْู„َู…ُ، ูˆَุฃَู†ْุชَ ุนَู„َّุงู…ُ ุงู„ุบُูŠُูˆุจِ، ุงู„ู„َّู‡ُู…َّ ุฅِู†ْ ูƒُู†ْุชَ ุชَุนْู„َู…ُ ุฃَู†َّ ู‡َุฐَุง ุงู„ุฃَู…ْุฑَ ุฎَูŠْุฑٌ ู„ِูŠ ูِูŠ ุฏِูŠู†ِูŠ ูˆَู…َุนَุงุดِูŠ ูˆَุนَุงู‚ِุจَุฉِ ุฃَู…ْุฑِูŠ - ุฃَูˆْ ู‚َุงู„َ ุนَุงุฌِู„ِ ุฃَู…ْุฑِูŠ ูˆَุขุฌِู„ِู‡ِ - ูَุงู‚ْุฏُุฑْู‡ُ ู„ِูŠ ูˆَูŠَุณِّุฑْู‡ُ ู„ِูŠ، ุซُู…َّ ุจَุงุฑِูƒْ ู„ِูŠ ูِูŠู‡ِ، ูˆَุฅِู†ْ ูƒُู†ْุชَ ุชَุนْู„َู…ُ ุฃَู†َّ ู‡َุฐَุง ุงู„ุฃَู…ْุฑَ ุดَุฑٌّ ู„ِูŠ ูِูŠ ุฏِูŠู†ِูŠ ูˆَู…َุนَุงุดِูŠ ูˆَุนَุงู‚ِุจَุฉِ ุฃَู…ْุฑِูŠ - ุฃَูˆْ ู‚َุงู„َ ูِูŠ ุนَุงุฌِู„ِ ุฃَู…ْุฑِูŠ ูˆَุขุฌِู„ِู‡ِ - ูَุงุตْุฑِูْู‡ُ ุนَู†ِّูŠ ูˆَุงุตْุฑِูْู†ِูŠ ุนَู†ْู‡ُ، ูˆَุงู‚ْุฏُุฑْ ู„ِูŠ ุงู„ุฎَูŠْุฑَ ุญَูŠْุซُ ูƒَุงู†َ، ุซُู…َّ ุฃَุฑْุถِู†ِูŠ " ู‚َุงู„َ: «ูˆَูŠُุณَู…ِّูŠ ุญَุงุฌَุชَู‡ُ» (ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุจุฎุงุฑูŠ [1162، 6382، 7390] ูˆุบูŠุฑู‡).

Dari Jabir bin Abdillah RA, ia berkata: Rasulullah SAW mengajarkan istikharah kepada kami dalam segala urusan, semuanya, sebagaimana beliau mengajarkan sebuah surat dari Al-Qur’an, beliau bersabda: “Jika salah seorang diantara kamu mempunyai keinginan terhadap sesuatu, hendaklah ia melakukan shalat dua rakaat yang bukan fardhu, kemudian membaca doa: ‘Ya Allah, sesungguhnya aku memohon yang terbaik kepada-Mu dengan wasilah ilmu-Mu dan memohon takdir kepada-Mu dengan wasilah qudrat-Mu, dan aku memohon kepada-Mu sebagian dari karunia-Mu yang agung, sebab Engkau memiliki qudrat (kemampuan) sedangkan aku tidak memilikinya, dan Engkau mengetahui sedangkan aku tidak mengetahui, dan Engkau adalah Dzat yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini – dipersilahkan menyebutkan urusan dan hajatnya- adalah yang terbaik untukku dalam agamaku, kehidupanku dan kesudahan urusanku’ – atau ia berkata: ‘urusanku sekarang dan kemudian’ –‘ maka takdirkanlah untukku dan mudahkanlah untukku, kemudian, berikanlah keberkahan kepadaku dalam urusan itu, dan jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini – dipersilahkan menyebutkan urusan dan hajatnya – adalah buruk untukku dalam agamaku, kehidupanku dan kesudahan urusanku’ – atau ia berkata: ‘urusanku sekarang dan kemudian’ – ‘maka palingkan ia dariku dan palingkan diriku darinya, dan takdirkanlah yang terbaik untukku di mana pun ia berada, kemudian, jadikan diriku ridha kepadanya’”.

(HR Bukhari [1162, 6382 dan 7390) dan juga diriwayatkan oleh yang lainnya.


Kapan melaksanakan shalat istikharah?

Shalat istikharah dianjurkan melaksanakannya untuk segala urusan bersifat mubah seperti MENIKAH, perdagangan, pilahan tempat study, perjalanan (safar) dsb. Shalat istikharah umumnya dilaksanakan pada sepertiga malam, namun pada dasarnya shalat istikharah dapat dilaksanakan pada waktu kapanpun jika pelaksanaan shalat istikharah sudah dihadapkan dengan urusan yang sudah mendesak.

Bagaimana melakukan shalat istikharah?

1. Bersuci, baik wudhu atau tayammum.

2. Niat Solat Istikharah :



Usholli Sunnatal Istikhoroti Rak'ataini Lillahi Ta'ala:
"“Aku Niat Shalat Sunnah Istikharah dua rakaat karena Allah Ta’ala".

2-Rakaat pertama setelah membaca surat al-Fatihah membaca surah al-Kafirun. Dan rakaat kedua setelah al-Fatihah membaca surat al-Ikhlas. Lalu salam dan membaca doa shalat istikharah.


3. Doa Istikharah




“Ya Allah hamba memohon agar Tuhan memilihkan mana yang baik menurut Engkau Ya Allah. Dan hamba memohon Tuhan memberikan kepastian dengan ketentuan-Mu dan hamba memohon kemurahan Tuhan yang Besar lagi Agung karena sesungguhnya Tuhan yang Berkuasa sedang hamba tidak tahu dan Tuhanlah yang amat mengetahui segala sesuatu yang masih tersembunyi. Ya Allah, jika Tuhan mengetahui, bahwa persoalan ini (Sebutkan masalahnya)........baik bagi hamba, dan baik pula akibatnya bagi hamba, maka berilah perkara ini kepada hamba, dan mudahkanlah ia bagi hamba, kemudian berikanlah keberkahan bagi hamba, dan penghidupan hamba, dan jika tidak baik akibatnya bagi hamba, maka jauhkanlah ini dari hamba dan jauhkanlah hamba dari padanya. Dan berilah hamba orang yang rela atas anugrah-Mu.”

4. Doa Mendapatkan Jodoh
Ya Allah Jika Ia Yang Terbaik Buatku, Izin aku menjauhinya demi kesuciannya. menjaganya selalu dengan doa, untuk tak melihatnya dengan rasa nafsu belaka.
(pria) Ya Allah Jika Ia Yang Terbaik Buatku. semoga dia adalah wanita Soleha. Berbakti kepada ayah bundanya. selalu menangis karenamu Ya Robb. dan pandai menjaga diri dengan do’a-do’a..
(wanita) Ya Allah Jika Ia Yang Terbaik Buatku. semoga dia adalah pria Soleh. Berbakti kepada ayah bundanya. selalu menangis karenamu Ya Robb. dan pandai menjaga diri dengan do’a-do’a..


Nah, setelah melaksanakan shalat istikharah. Apakah jawabannya ada dalam mimpi?

Banyak orang beranggapan bahwa jawaban istikharah akan Allah sampaikan dalam mimpi. Ini adalah anggapan yang yang sama sekali tidak berdalil. Karena tidak ada keterkaitan antara istikharah dengan mimpi. Syaikh Masyhur Hasan Salman hafizhahullah mengatakan,

Mimpi tidak bisa dijadikan acuan hukum fiqih. Karena dalam mimpi setan memiliki peluang besar untuk memainkan perannya, sehingga bisa jadi setan menggunakan mimpi untuk mempermainkan manusia. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ุงู„ุฑุคูŠุง ุซู„ุงุซุฉ، ู…ู† ุงู„ุฑุญู…ู† ูˆู…ู† ุงู„ุดูŠุทุงู† ูˆุญุฏูŠุซ ู†ูุณ

“Mimpi ada 3 macam: dari Allah, dari setan, dan bisikan hati.”
Beliau juga menjelaskan bahwa mimpi tidak bisa untuk menetapkan hukum, namun hanya sebatas diketahui. Dan tidak ada hubungan antara shalat istikharah dengan mimpi. Karena itu, tidak disyaratkan, bahwa setiap istikharah pasti diikuti dengan mimpi. Hanya saja, jika ada orang yang istikharah kemudian dia tidur dan bermimpi yang baik, bisa jadi ini merupakan tanda baik baginya dan melapangkan jiwa. Tetapi, tidak ada keterkaitan antara istikharah dengan mimpi. (Al-Fatwa Al-Masyhuriyah: http://almenhaj.net/makal.php?linkid=124)



Jodoh akan datang ketika Allah melihat kita sudah siap menerimanya. Bukan karena kita meng-INGIN-kannya. Oleh karena itu, marilah kita SENANTIASA berbaik sangka kepada-Nya. YAKINLAH bahwa jodoh kita pasti ada meskipun tidak untuk saat ini. Namun PERCAYAlah rencana Allah merupakan yang TERBAIK dan TERINDAH untuk hamba-hamba Nya.

Jadi, semoga kita tidak meng-GALAU lagi dan kembali meningkatkan IKHTIAR dan senantiasa bermunajat kepada yang memberikan jodoh yaitu Allah SWT.

Semoga Allah berkenan MENDEKATKAN jodoh bagi kita dengan seorang yang baik akhlaqnya SHOLEH/SHOLEHAH, baik untuk agama, dunia, dan akhirat. Amiiin


Seperti apa yang disampaikan teman saya pada blognya, mari kita memperbaiki diri/memantaskan diri untuk mendapatkan yang terbaik.

Oleh: Ustadz Ammi Nur Baits (Dewan Pembina www.KonsultasiSyariah.com) dengan sedikit tambahan.

Semoga bermanfaat.




Tag: Shalat, Istikharah, Jodoh, Menjemput, Memantapkan hati.
bacaan doa setelah sholat istikharah, bacaan shalat istikharah jodoh, bacaan sholat istikharah latin, berapa rakaat sholat istikharah, cara melaksanakan sholat istikharah, cara melakukan sholat istikharah, cara mengerjakan sholat istikharah, cara shalat istikharah dalam memilih jodoh, cara shalat istikharah jodoh, cara shalat istikharah petunjuk jodoh, cara shalat istikharah untuk jodoh, cara sholat istikharah, cara solat istikharah dalam memilih jodoh, cara solat istikharah jodoh, cara solat istikharah memilih jodoh, cara-cara sholat istikharah, do a sholat istikharah, doa istikharah jodoh, doa istikharah untuk jodoh, doa selesai sholat istikharah, doa sesudah sholat istikharah, doa setelah sholat istikharah, doa setelah sholat istikharah latin, doa shalat istikharah jodoh, doa shalat istikharah untuk jodoh, doa sholat istikharah, doa solat istikharah untuk jodoh, faedah sholat istikharah, istikharah jodoh, istikharah untuk jodoh, kegunaan sholat istikharah, khasiat sholat istikharah, makna sholat istikharah, manfaat sholat istikharah, niat dan doa sholat istikharah, niat shalat istikharah jodoh, niat shalat istikharah untuk jodoh, niat sholat istikharah, niat solat istikharah untuk jodoh, panduan shalat istikharah jodoh, panduan sholat istikharah, pengertian sholat istikharah, petunjuk istikharah jodoh, shalat istikharah dalam memilih jodoh, shalat istikharah jodoh, shalat istikharah untuk jodoh, shalat istikharah untuk memilih jodoh, shalat istikharah untuk menentukan jodoh, sholat istikharah, sholat istikharah adalah, sholat istikharah dan doanya, sholat istikharah dan tahajud, sholat istikharah yang benar, sholat sunat istikharah, sholat sunnah istikharah, solat istikharah dalam memilih jodoh, tata cara melaksanakan sholat istikharah, tata cara shalat istikharah jodoh, tata cara shalat istikharah untuk jodoh, tata cara sholat istikharah, tatacara sholat istikharah, tuntunan sholat istikharah, waktu melaksanakan sholat istikharah, waktu shalat istikharah jodoh, waktu sholat istikharah, waktu sholat istikharah yang baik, waktu untuk sholat istikharah, waktu yang tepat untuk sholat istikharah.

15 comments:

  1. Artikel yang bagus.
    Jangan lupa kunjungi www.refiza.com
    Ada banyak souvenir cantik untuk pengajian, haji, pernikahan.

    ReplyDelete
  2. Terimakasih untuk masukanya smoga ini jalan bagi saya untuk menunjukan mana yg baik untuk saya..amin ya roball alamin..

    ReplyDelete
  3. Terima kasih , karena tulisan ini membantu saya bagaimana caranya memilih jodoh yang terbaik aamiin ya rabbal alamin

    ReplyDelete
  4. Jika doanya di baca boleh? Atau doanya beda boleh?

    ReplyDelete
  5. Ya Alloh ,, jika benar dia adalah jodohku , maka jodohkanlah secepatnya . Amiin :)

    ReplyDelete
  6. Terima kasih, izin save ya ustadz

    ReplyDelete
  7. Yah,alloh3 apabila dia memang jodohku dekat. Kanlah diriku

    ReplyDelete
  8. .terima kasih...
    .mendapatkan ilmu lagi.dimalam ini..
    .saya izin save ya ustadz...

    ReplyDelete
  9. Ya Allah... Permudahkanlah urusanku ya Allah.. Amin

    ReplyDelete
  10. Semoga Allah mempermudah segala urusan (kita semua) Aamiin Allahuma Aamiin..

    ReplyDelete
  11. http://izullbadeur.blogspot.co.id/2018/01/shalat-istikharah-untuk-memilih-jodoh.html

    ReplyDelete
  12. Syukron ustadz. Jazakalloh. Aamiin

    ReplyDelete