Friday 9 May 2014

Talkshow Komunitas di Entrepreneur Festival 2014

Ada yang pernah tahu acara Entrepreneur Festival (E-Fest)?

Entrepreneur Festival adalah acara tahunan Market Plus yang sudah dilakukan ketiga kali pada tahun ini. Acara ini bertujuan untuk membawa perubahan dan membangun semangat perkembangan wirausaha muda di Indonesia. Pada tahun ini, Entrepreneur Festival 2014 diadakan di Kuningan City Mall, Jakarta.

Hari pertama E-Fest (7/5) terdapat talkshow community bersama Voice of Startup, Studentsxceos, Young Entrepreneur Movement, dan HIPMI-PT (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia-Perguruan Tinggi).

Apa saja tantangan yang dihadapi wirausaha muda pada saat ini? Bagaimana menjawab tantangan itu?

1. Kebanyakan bisnis yang sudah ada pada saat ini itu hampir semua, jadi tergantung dari bagaimana kita dapat menonjolkan keunikan atau keunggulan dari produk bisnis kita,
2. Adanya tantangan Asean Economic 2015. Mahasiswa sebagai "agent of change" harus tahu bagaimana cara berkompetisi dan program-program apa yang dapat mendukung perkembangan bisnis mereka.
3. Bentuk bisnisnya harus jelas, market yang mau dicapai itu siapa dan bagaimana kita bisa mencapai itu. Wirausaha muda itu harus tahu kemana tujuan dari bisnis mereka.

Bagaimana menyikapi wirausaha muda saat ini yang kreatif dalam ide namun lemah dalam eksekusi?

Intinya adalah bagaimana kita harus bisa mengetahui prosesnya kapan kita harus bottom up atau tidak,  menikmati proses dan jangan pernah mudah mengeluh. Untuk mensiasati pemuda yang biasanya memang kuat hanya di ide dan lemah eksekusi karena semangat yang kadang terlalu tinggi sehingga pemuda membutuhkan networking dan coach yang bisa membantu mengarahkan mereka.

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan.
1. Believe your product.
Jika kita percaya dengan produk kita maka kita akan lebih mudah membuat orang percaya dengan produk kita, begitupun sebaliknya.
2. Konsisten.
Untuk menghadapi persaingan maka kita harus selalu konsisten dan selalu berinovasi agar tidak ketinggalan dengan pesaing kita.
3. Kita membutuhkan orang lain.
" Kalau kamu pengen maju cepat kamu pergi sendiri aja, tapi kalau kamu pengen maju jauh kamu harus bareng-bareng". -anggiSXC.
Jadi, intinya kita membutuhkan komunitas dan wadah untuk menghadapi masalah yang terjadi pada entrepreneur muda pada saat ini. Beberapa komunitas diantaranya adalah yang menjadi pembicara talkshow di acara ini.

So, kalian yang pengen berkembang bisa bergabung dengan salah satu diantara komunitas ini yang menurut kalian paling sesuai dengan visi kalian. More info: @studentsxceos @yemindonesia Voice of Startups

Acara ini juga mengundang beberapa entrepeneur yg sudah memiliki pengalaman dan merupakan pakar dibidang entrepreneur seperti andrew darwis, billy boen, christian sugiono, wulan guritno, stenley agustaf, yoris sebastian, rene suhardono dan yang lainnya.

#internsxc

0 comments:

Post a Comment