Friday 7 September 2012

Subhanallah Dahsyatnya Energi Matahari


Subhanallah Dahsyatnya Energi Matahari

Oleh: H.M. Farid Anwar

Demi matahari dan cahayanya di pagi hari.
( Q.S. Asy-Syamsu 1)

Karena kemurahan dan kebesaran Allah untuk keselamatan dan kenyamanan umatNya yang berada di bumi, diciptakanlah matahari agar di kehidupan bumi dapat berlangsung normal dan aman. Betapa tidak? Bayangkan bila tidak ada matahari segenap makhluk hidup tidak akan hidup.

Untuk mengenal Kebesaran dan Kemurahan Allah, mari kita mengenal ciptaan Nya yang bernama matahari.
Menurut penelitian, tiga abad yang lalu ketika seorang ilmuwan astronom yang bernama Galileo Galilei mengamati dan mengarahkan teleskopnya ke bulan, ia takjub melihat permukaan bulan yang penuh lubang-lubang kawah dan pegunungan batu yang terjal. Makin lama makin banyak lubang terutam yang kecil.
Ketika berita ini sampai ke istana Vatikan, Paus murka karena menganggap Galileo menghina Tuhan dan membahayakan agama Kristen. Maka paus mengeluarkan larangan keras untuk melihat bulan dengan memakai teleskop Galileo.

Namun ketika Galileo mengarahkan teleskopnya ke matahari ia makin terperanjat demi menyaksikan bintik-bintik hitam bertaburan di matahari.

Bagaimana ia menyampaikan kepada masyarakat sedangkan berita tentang permukaan bulan saja masyarakat tidak percaya bagaimana dengan bintik hitam pada matahari?
Seiring majunya ilmu alam terutama ilmu fisikanya, maka diketahui bahwa bintik hitam di matahari sebenarnya adalah ledakan gas panas yang dahsyat , ledakan ini mengakibatkan terjadinya pusaran gas panas yang sangat besar yang naik membumbung ke permukaan matahari sampai mencapai ratusan ribu kilometer bahkan sampai sejuta kilometer dari permukaan matahari.

Sambil naik bergulung-gulung seperti spiral, gumpalan gas ini makin bertambah lebar sesuai sifat gas yang makin turun suhunya bila bertambah besar maka gumpalan yang makin dingin ini sinarnya makin redup dan nampak lebih hitam dari permukaan matahari. Noda hitam ini ukurannya cukup besar, paling kecil seukuran bumi. Subhanallah!

Peristiwa ini sangat berpengaruh pada bumi terutama pada gelombang radio. Beberapa tahun yang lalu selama beberapa jam seluruh kapal perang USA tidak bisa berhubungan dengan markasnya. Demikian pula pusat komandonya tidak dapat menerima atau mengirim kabar ke kapal-kapal yang sedang beroperasi karena adanya ledakan dahsyat pada matahari, dimana gas panas yang dilontarkan menjilat ke atas samai sejauh sejuta kilometer dari permukaan matahari. Keadaan putusnya komunikasi ini juga dialami kapal kapal lainnya.

Noda matahari ini terjadi secara periodik setiap 11 tahun sekali akan berulang. Ilmu pengetahuan belum bisa mengungkap terjadinya peristiwa ini.
Kembali membahas tentang matahari, matahari sebenarnya adalah salah satu dari jutaan bintang yang tersebar di langit. Bintang bintang adalah matahari yang jauh dari kita, sedang matahari adalah bintang yang terdekat dengan kita.

Sebagaimana bintang bintang, matahari adalah sebuah bola api gas yang sangat panas dengan garis tengah 1.400.000 kilometer (sekitar 110 kali bumi). Panas permukaannya 6000’C sedangkan panas noda matahari 4000’C, karena perbedaan suhu inilah maka noda matahari nampak lebih redup dari permukaan matahari sehingga nampak hitam. Suhu di dalam matahari mencapai 5000000’C sedangkan intinya mencapai 20.000.000’C. Allahu Akbar!

Manfaat sinar matahari sangat banyak diantaranya :
1. Sinarnya yang kuat sangat bermanfaat di bumi. Dengan panas ini menyebabkan peredaran angin, pergantian musim dan turunnya hujan.
2. Matahari bisa dijadikan sebagai Energi Matahari. Dengan cara menampung energi matahari ke dalam sel listrik yang disatukan sehingga bisa menghasilkan energi listrik. Dengan demikian satelit atau laboratorium angkasa yang mengambang di angkasa tak perlu lagi membutuhkan listrik dari bumi.
3. Sinar matahari sangat dibutuhkan tanaman untuk melakukan proses fotosintesis agar tumbuh subur dan menghasilkan bermacam makanan, buah, sayur, bahan kimia dan lainnya yang bermanfaat bagi manusia.
 4. Sinar matahari dibutuhkan hewan di laut karena membutuhkan makanan berupa lumut dan rumput yang memerlukan sinar matahari juga. Sehingga binatang laut ini bisa dimanfaatkan oleh manusia.

Maka sangat tepat bila Allah mengingatkan bagi yang berakal memperhatikan ciptaan-Nya seperti firman Allah pada surat Ali-Imran 190: “Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal.”

Semoga Allah selalu membimbing kita agar selalu ingat dan bersyukur pada Kebesaran dan Kemurahan Nya dalam menciptakan dan memelihara makhluknya. Amin..

0 comments:

Post a Comment